Sunday, February 3, 2013

Informasi SNMPTN dan SBMPTN 2013

SNMPTN tahun 2013

Melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi ternama menjadi idaman bagi siswa-siswi lulusan SMA/K tahun 2013. untuk pendaftaran SNMPTN tahun 2013 di bagi menjadi dua jalur :


  1. SNMPTN tahun 2013  Pada dasarnya semua siswa-siswi peserta Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK tahun 2013 berhak untuk mengikuti SNMPTN tahun 2013. Untuk mendaftar SNMPTN tahun 2013 ini siswa harus mengikuti prosedur berikut ini :
  • siswa melamar dengan cara membuka http://www.snmptn.ac.id menggunakan NISN dan password yang sudah di tentukan, passwordnya dapat meminta kepada kepala sekolah pada waktu verifikasi data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk login.
  • siswa mengisi biodata, pilihan PTN dan pilihan program studi serta mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan, sebelum memilih program studi kalian harus benar-benar memahami  ketentuan dan syarat yang berlaku pada program studi yang akan di pilih.
  • Kepala sekolah harus memberikan rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN
  • untuk siswa yang berminat pada program seni dan keolahragaan harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti ketrampilan yang diisi oleh kepala sekolah dan/atau siswa menggunakan instruksi yang dapat di download pada laman http://www.snmptn.ac.id
  • setelah mendaftar kalian harus mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN
  • Untuk kelas akselerasi dan sekolah yang menggunakan sistem kredit semester, pencatatan nilai mata pelajaran di sesuaikan dengan sistem semester yang didistribusikan ke semester 3,4,dan 5. Hasil proses penyesuaian harus di tuangkan dalam surat keterangan yang di tandatangani kepala sekolah untuk keperluan registrasi apabila di terima. 
2. SBMPTN dan SNMPTN tulis tahun 2013
Bagi siswa-siswi lulusan tahun 2011 dan 2013 di berikan kesempatan untuk mengikuti SBMPTN - SNMPTN Tertulis pada tahun 2013 yang tidak diselenggarakan secara langsung oleh pemerintah Indonesia tentunya mengandung konsekuensi, salah satunya yaitu penggantian nama SNMPTN Tulis menjadi SBMPTN yang merupakan akronim dari Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi inipun biayanya ditanggung oleh masing-masing peserta tes, tidak seperti SNMPTN 2013yang biayanya ditanggung oleh pemerintah.

Sampai saat ini, ketentuan terkait penyelenggaraan SBMPTN 2013 masih sangat minim mengingat teknis SBMPTN ini masih dalam perumusan. Penyelenggaraannya pun dipastikan setelah prosesSNMPTN 2013 selesai. Kuota penerimaan mahasiswa baru dari jalur ini kemungkinan berkisar antara 20-40%, sedangkan peserta yang berhak mengikuti jalur ini adalah lulusan dari tahun 2011 hingga siswa yang akan mengikuti UN tahun 2013 ini.

Sebagai tambahan informasi, walaupun SBMPTN ini tidak diselenggarakan langsung oleh pemerintah pusat, namun PTN peserta sekaligus penyelenggara seleksi SBMPTN ini  mencapai 61 PTN yang berarti hampir semua perguruan tinggi negeri dapat menerima mahasiswa baru dari jalur ini.

semoga bermanfaat.... bila tidak jelas bisa di tanyakan pada kolom komentar tks....



No comments:

Post a Comment